Artikel

Di Wilayah Banjir Petani Tetap Panen Padi Unsoed 1 Dengan Metode Sawah Apung

Provinsi Riau, merupakan salah satu  Provinsi yg hingga kini masih memiliki ketergantungan terhadap bahan pangan utama terutama padi pada daerah lain, terkecuali untuk komoditas perkebunan yg menjadi unggulan Provinsi Riau seperti kelapa sawit, kelapa, karet dan sagu. Bumi LANCANG KUNING ini sering disebut dengan Provinsi di atas dan di bawah minyak.Tanaman nenas juga sangat potensial di Provinsi Riau, terutama daerah ROHUL, KAMPAR, BENGKALIS dan Dumai. Tentunya juga potensi KANLA-nya, terutama rumput laut, kerapu dan lobster.
Diluar sub sektor perkebunan, potensi lahan masih sangat luas, terutama lahan rawa, pasang surut dan lahan kering yg memerlukan dukungan irigasi teknis.
Introduksi varietas padi INPAGO UNSOED-1 dan saudara2nya dari KAFAPERTA UNSOED sangat tepat untuk mendukung swasembada pangan utama (padi) di Provinsi Riau, baik ditanam secara monokultur maupun diantara tanaman sawit terutama melengkapi program PSR.Selain padi, tentunya perlu didorong lagi pengembangan komoditas tanaman pangan dan hortikultura lain yg menjadi unggulan, andalan dan potensial Provinsi Riau.
Selamat untuk Tim LITKAJI FAPERTA UNSOED.

Show More

Related Articles

Back to top button