Artikel

Kafaperta Gelar Bincang Teknologi ‘Pengelolaan Food Lood Waste dan Food Loss di Indonesia’

Hasil kajian menunjukkan bahwa timbulan Food Lood Waste (FLW) telah menyebabkan kerugian ekonomi sebesar Rp 213-551 T/th (setara 4-5% PDB Indonesia/th). Di sektor lingkungan, pada 20 th terakhir, timbulan FLW di Indonesia mencapai 23-48 juta ton/tahun (setara 115-184 kg/kapita/th). Dalam periode yang sama, timbulan ini juga menghasilkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sebesar 1.702,9 Megaton CO2-ekuivalen (setara 7,29% rata-rata emisi GRK Indonesia/th). Dari kacamata sosial, kandungan energi yang hilang akibat timbulan FLW diperkirakan setara dengan porsi makan 61 juta-125 jt orang/th. Data juga menunjukkan bahwa timbulan FLW didominasi oleh jenis padi-padian yakni beras, jagung, gandum, dan produk terkait. Jenis pangan yang prosesnya paling tidak efisien adalah sayur-sayuran, di mana kehilangannya mencapai 62,8% dari seluruh suplai domestik sayur-sayuran yang ada di Indonesia (Bappenas, 2021).

Oleh karena itu, diskusi tentang Pengelolaan FLW secara berkelanjutan menjadi suatu keharusan untuk mendukung komitmen pemerintah dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals, khususnya Tujuan 12 butir 3 yaitu Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab : mengurangi separuh food waste per kapita di tahap distribusi dan konsumsi serta mengurangi food loss di tahap produksi dan sepanjang rantai pasok, termasuk kehilangan di pascapanen pada 2030 mendatang.

Dengan menghadirkan Narasumber :

  1. Mohamad Farel (President Director BUMR Holding)
  2. Dr. Nindya Triwahyuni (Direktur Simple Centra Kitchen)
  3. Philipp Hug (Managing Direktor PT. Buhler Indonesia)
  4. Nurfin Trisno, M.Sc. (Head Marketing PT Buhler Indonesia)

Moderator :
Dr. Santi Dwi Astuti, S.TP., M.Si. (Koordinator Pusat Pengembangan dan Penerapan Teknologi LPPM UNSOED)

Opening :
Dr. Berlilana (Sekjend Kafaperta Unsoed, Rektor AMIKOM Purwokerto)

Kami tunggu kehadiran bapak/ibu/saudara pada Bincang Teknologi yang diselenggarakan oleh KaFaperta bekerja sama dengan P3T LPPM UNSOED, dengan topik :

“PENGELOLAAN FOOD LOSS & FOOD WASTE (FLW) DI INDONESIA‚ÄĚ

Pada :
ūüďÖ Senin, 13 September 2021
‚Źį Jam 14.00-16.00

ūüď° ZOOM Meeting
https://zoom.us/j/94238542792?pwd=LzJVMkhkdnNWOWxFbWloUGs3bGVvUT09

Meeting ID: 942 3854 2792
Passcode: kafaperta

Show More

Related Articles

Back to top button