Artikel
Trending

“Menkop Teten Masduki Kunjungi Koperasi Usaha Tani”

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia, Drs. Teten Masduki (tengah) saat melakukan kunjungan kerja ke KSU Citra Kinaraya, Demak, Jawa Tengah (25/01).

25 Januari 2020 – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia (Menkop), Drs. Teten Masduki, melakukan kunjungan kerja ke Koperasi Serba Usaha (KSU) Citra Kinaraya, Demak, Jawa Tengah. Didampingi Heri Sugiyantoro, Direktur Utama KSU Citra Kinaraya, kunjungan Menkop Teten Masduki kali ini atas tindak lanjut dari kunjungan kerja pertama 7 Januari 2020 lalu, untuk memastikan kesiapan KSU Citra Kinaraya menyediakan kebutuhan beras yang lebih besar dengan luas area tanam mencapai 2000 hektare.

Persiapan awal untuk mencapai target produksi masal dilakukan dari proses budidaya benih yang dilakukan secara on-farm, dimana benih ditentukan dan diawasi oleh koperasi. Hal ini menjadi fokus KSU Citra Kinaraya untuk menjamin kualitas beras yang dihasilkan merupakan produk terbaik. “Benih padi kami yang menentukan, sedangkan saprotan (pupuk) dibebaskan tetapi tetap mendapat pendampingan dalam pemakainannya”, ungkap Heri.

Bersama anggotanya, koperasi mampu mengkoordinir petani padi untuk bersama-sama meningkatkan daya jual hasil produksi padi menjadi lebih berkualitas. “Hasil panen disetor ke koperasi untuk diproses menjadi beras yang berkualitas dan bermerk”, ungkap Heri. Koperasi yang didirikan pada 2011 oleh Alumni Fakultas Pertanian Unsoed 1984 ini juga melibatkan peran aktif anggotanya untuk membangun koperasi secara kolektif. “Koperasi tidak sekadar badan usaha (bisnis) yg berjalan sendiri, tapi benar-benar ada transaksi bisnis dengan anggota aktif, tanpa menjadikan anggota sebagai obyek”, jelas Heri.

Heri berharap adanya koperasi ini bisa menyelesaikan persoalan klasik petani yakni pasca panen (terutama pemasaran), “Korporasi petani disini tidak dimaknai sebagai upaya kapitalisasi, tetapi lebih pada pengorganisasian petani untuk berinvestasi melalui koperasi”, terang Heri.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button